Selasa, 05 November 2013

Mari Berkenalan Dengan Rajan, Satu-Satunya Gajah Yang Hobi Menyelam

Melihat ukuran binatang yang satu ini kita pasti penasaran, apakah gajah bisa berenang? Ternyata walau gajah memiliki tubuh yang sangat berat, gajah bisa berenang, walaupun di berbagai tayangan binatang ini sering direkam berada di daerah yang kering seperti Afrika secara alami gajah bisa berenang. Nah bagaimana dengan gajah yang bisa menyelam? perkenalkanlah Rajan si gajah penyelam

The Asian elephant is a retired working animal called Rajan and is the only elephant in the world to swim in the sea

Jadi siapakah si Rajan ini? singkatnya Rajan adalah gajah yang dilatih berenang untuk menarik (atau mendorong?) balok-balok kayu dari hulu sungai ke lautan untuk selanjutnya diangkut oleh perusahaan kayu. Setelah pekerjaannya diambil alih oleh kapal tongkang, Si Rajan bisa menikmati masa pensiunnya.

He was trained to swim to haul logs out to boats off the Islands, but when the practice was banned, enough money was raised to keep Rajan where he was in retirement

Ternyata di sela-sela masa pensiunnya, Rajan si gajah penyelam tetap menyalurkan hobinya berenang di laut dekat kepulauan Andaman.

Water baby! Now Rajan just swims for fun and allows divers to take a dip with him

Motif si Rajan tentu tidak untuk bekerja, namun untuk bersenang-senang saja.

The 64-year-old animal moves perfectly in the ocean and uses his trunk as a snorkel

Uniknya Rajan mulai belajar snorkeling, sejenis olahraga menyelam dengan alat bantu pernafasan, nah karena tidak ada tabung oksigen untuk gajah, maka Rajan menggunakan peralatan snorkeling alaminya yaitu belalainya.

Wolfgang Zwicknagl took the pictures in the Andaman Islands, an archipelago that is part of India in the bay of Bengal

Sesekali Rajan menaikkan belalainya ke permukaan untuk mengambil nafas.

Splashing about: Despite their large frames, elephants are capable swimmers

Rajan biasanya berenang dilaut 2-3 kali sebulan, penduduk sekitar sudah terbiasa dengan hobi Rajan ini dan tidak pernah memaksa Rajan menyelam secara paksa.

Wolfgang Zwicknagl said the tips of Raajan's tusks have been cut slightly as he had some difficulties moving his trunk

Secara alami gajah bisa berenang selama 6 jam tanpa menyentuh dasar sungai atau laut, namun dalam kaskus Rajan ini cukup istimewa.

The 64-year-old animal, that weighs between three and four tons, was bought into freedom approximately five years ago

Satu tips untuk, jika anda punya gajah dan ingin mengajarinya menyelam sebaiknya urungkan niat anda, di beberapa tempat hal ini dianggap bentuk kekejaman terhadap hewan.

Sumber:
Dailymail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar